Selasa, 28 September 2021

Hasil Clay Trinkets

 Halo semua! Akhirnya clay trinkets yang saya buat telah jadi. Di postingan kali ini saya ingin membagikan hasil clay trinkets saya, dan membagikan sedikit tips dalam membuat clay trinkets menggunakan air dry clay. 

Berikut ini adalah hasil clay trinkets:


Bagaimana menurut kalian semua?

Clay trinkets ini bertema bunga yang berwarna pastel, sehingga saya menggunakan warna-warna yang cukup soft. Clay trinkets ini berukuran cukup kecil, kira-kira berukuran 9 cm, dan kedalaman 1 cm. Saya membuat clay trinkets ini dengan menggunakan DAS air dry clay warna putih (kebetulan sisa dari projek lain). Saya mewarnai dengan menggunakan cat akrilik. Saya tidak menggunakan glaze, karena menurut saya cat akrilik sudah cukup memberi efek glossy, namun sepertinya bila diberi glaze akan tampak lebih berkilau. Kesulitan paling utama yang saya alami selama membuat clay trinkets ini adalag menghaluskan permukaan. Karena alat-alat yang saya gunakan terbatas, agak sulit dalam membuat bentuk yang rapi dan membuat permukaan yang halus.

Berdasarkan pengalaman saya, beberapa tips yang bisa saya bagikan yaitu:

1. Gunakan air saat bekerja dengan clay, akan memudahkan untuk menghaluskan permukaan. Gunakan sedikit saja air. Air juga membantu agar clay menjadi lebih lembut dan mudah diolah.

2. Bila tidak memiliki glaze, maka cat akrilik adalah alternatif yang cukup baik.

3. Biarkan clay mengeras terlebih dahulu sebelum diwarnai. Clay yang sudah mengeras terlihat berwarna putih, sedangkan yang masih basah berwarna agak abu-abu. Tergantung ukuran, biasanya clay akan mengeras dalam waktu semalaman atau seharian (bisa lebih bila tebal atau besar).

4. Gunakan crafting blade atau cutter untuk membuat potongan yang rapi.

5. Sebagai pengganti roller, bisa menggunakan permukaan buku atau apa saja untuk menekan permukaan clay, untuk meratakan.

6. Clay agak lengket, sehingga jangan lupa untuk menyiapkan alas sebelum berkarya.

Sekian dari tips-tips yang bisa saya bagi, semoga membantu! Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di postingan berikutnya :)


0 komentar:

Posting Komentar