Minggu, 29 Agustus 2021

Gambar Realistik

 Menggambar yaitu kegiatan membentuk citra, dengan banyak pilihan teknik dan alat (https://id.wikipedia.org/wiki/Menggambar). Salah jenis gaya/aliran dalam menggambar yaitu realistik atau yang dibuat menyerupai nyata. Banyak teknik yang bisa digunakan dalam membuat karya realistik, namun karena tujuan dari gambar realis adalah menyerupai nyata, teknik yang paling sering digunakan yaitu arsir atau dussel. 

Berikut ini beberapa gambar saya dengan aliran realistik, gambar wajah realistik / potrait.

Yang pertama adalah dengan teknik arsir dan yang kedua dengan teknik dussel. Mohon maaf jika gambar-gambar saya ini masih banyak kekurangan, saya masih dalam proses belaajr juga :) 



Biasanya tiap karya ini memakan waktu yang cukup lama. Pembuatan sketsa sekitar 1-2 jam , dan coloring sekitar 2-3 jam (keterangan: ukuran kertas yaitu A4). Pembuatan karya realistik memaang lama dan membuthkan kesabaran, karena semakin banyak detail yang menyerupai objek nyata maka akan semakin bagus. 

Selain tentang gambar reaalistik, ada satu hal lagi yang ingin saya bahas di postingan saya kali ini, yaitu tentang alat yang saya gunakan, pensil warna!

Pensil Warna

Pensil warna adalah alat warna yang paling sering saya gunakan, terutama karena saya sering menggambar wajah realistik. Saya juga lebih suka gambar berwarna daripada gambar hitam putih.

Pensil warna berbeda dengan pensil biasa karena teksturnya lebih lembut (tentunya teksturnya juga berbeda-beda tergantung kualitas pensil warna). Pensil warna biasanya dikemas dalam jumlah 12, 36,48, dll. Pensil warna ini adalah alat gambar yang populer dari kalangan orang anak-anak hingga dewasa, dan bahkan profesional.

menurut pendapat saya, pensil warna memiliki kelebihan dan kekurangan.

kelebihan pensil warna:

1. Ujungnya yang kecil dan tajam memungkinkan untuk membuat detail.

2. Tersedia banyak sekali pilihan warna

3. Tidak kotor dan tidak memakan banyak tempat, mudah digunakan

kekurangan pensil warna:

1. Medianya terbatas, hanya bisa di atas kertas

2. Membuat karya dengan pensil warna membutuhkan waktu lama dan kesabaran

3. Tidak bisa dihapus bersih

Sekian dari pendapat saya mengenai pensil warna dan gambar realistik, semoga bermanfaat!



0 komentar:

Posting Komentar