Selasa, 03 Agustus 2021

Proyek Slogan dan Ragam Hias Nusantara


Tipografi dan Ragam Hias

Karya ini adalah projek sekolah yang diberikan oleh guru saya saat kelas 8, yaitu slogan dan ragam hias Nusantara. Karya ini dibuat pada bulan Februari tahun 2021, dengan waktu pengerjaan sekitar 3 minggu. 

Karya ini berukuran sekitar 60x40cm.

Karya ini menampilkan objek utama yaitu slogan nusantara yaitu "Wonderful Indonesia".

Karya ini adalah gabungan dari teknik kolase kertas lipat, dan menggambar dengan spidol. 

Pada bagian atas karya terdapat ragam hias Lar. Ada juga ragam hias batik flora yang menghiasi bagian atas dan bawah, yang merupakan ragam hias nongeometris.

Karya ini juga dibuat dengan tipografi, dengan klasifikasi rupa huruf script (kata wonderful)  dan miscellaneous atau cursive (kata Indonesia) dengan detail flora. 

 Insprirasi dari karya ini yaitu ragam hias yang ada di Nusantara seperti flora dan fauna yang ada di nusantara. Lar yaitu perlambangan/penyederhanaan dari ragam hias burung Garuda.

Kesulitan yang saya alami dalam membuat karya ini yaitu, mengumpulkan ide dan brainstorming, awalnya saya cukup kesulitan dalam menentukan tema seperti apa yang ingin saya buat dan bagaimana cara memadukan slogan dan ragam hiasnya. Kesulitan kedua yang saya alami yaitu, ukuran kertas yang terlalu kecil, hingga saya terpaksa menyambungkasn 2 kertas.

Secara keseluruhan, saya menyukai karya ini. Saya cukup bangga dengan hasil akhirnya. 

Kira-kira itu saja yang ingin saya bagikan tentang karya saya yang ini. Mungkin selanjutnya saya akan membagikan tips-tips membuat montase atau apa itu ragam hias.

Terimakasih telah membaca :)


0 komentar:

Posting Komentar